Futsal

407322_249953141745659_1088459545_n

 

 

Artikel futsal ini akan mencoba mengulas mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan olahraga menyerupai sepak bola namun dilakukan oleh jumlah pemain yang sedikit dan ukuran lapangan yang juga lebih kecil.

Futsal merupakan arena olahraga bagi mereka yang ingin bermain sepak bola namun sulit untuk mencari banyak pemain dan sulit karena kesibukan jika harus bermain di lapangan besar.

Setiap pemain harus membaca artikel futsal dulu supaya tahu peraturan dan asal-usul futsal yang hendak dimainkannya. Olahraga futsal merupakan permainan bola yang dilakukan oleh dua tim, saling berlawanan dan memiliki tujuan yang sama dengan saling memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan. Tak berbeda jauh dengan peminanan sepak bola di lapangan normal, skor ditentukan berdasarkann jumlahnya bola ynag dimasukkan ke dalam gawang.
Kesejarahan

Futsal ini ternyata sudah berlangsung sejak lama. Pertama kali diciptakan di Montevideo, Uruguay sekitar tahun 1930. Juan Carlos Ceriani meupakan orang yang paling berjasa menemukan olahraga ini sehingga sampi tersebar ke seluruh pelosok dunia.

Futsal yang dianggap unik ini ternyata banyak diminati oleh negara-negara Amerika Latin ketika itu, termasuk salah satunya negara yang banyak dihuni pemain bola bertalenta, Brazil. Pele sendiri, pemain legendaris Brazil, sesungguhnya memulai kariernya dari dunia futsal.

Saat ini futsal dibawah perlindungan Internationale de Football Federation. Paraguay merupakan negara yang pertama kali memenangi pertandingan futsal yang berlangsung pada tahun 1965. Namun, selepas itu, semua kejuaraan futsal di kawasan Amerika disapu habis oleh Brazil sampai tahun 1979. Dominasi terus berlanjut, dari tahun 1980 dimana turnamen  sudah berganti nama menjadi Piala Pan Amerika Brazil masih mendominasi sampai pada perebutan piala pada tahun 1984.

Sampai akhirnya kejuaraan dunia pertama kali diadakan pada tahun 1982 di Sao Paolo, Brazil dimana Brazil kembali menjadi kampiunnya. Kejuaraan ketika itu diselenggarakan atas bantuan FIFUSA. Pada kejuaraan dunia pada tahun 1985 Brazil masih terlalu tangguh bagi negara-negara lain untuk mengalahkannya. Namun sayang dominasinya harus rontok pada tahun 1988 yang kalah dari Uruguay di kejuaraan yang diselenggarakn di Australia.
Manfaat Futsal

Selain olahraga yang mengasyikkan dan bisa dilakukan dalam waktu yang fleksibel, ternyata olahraga yang sedang banyak digemari terutama di kota-kota ini juga banyak menimbulkan manfaat. Diantara manfaat tersebut, yakni:

  • Meningkatkan kemampuan teknik
    Ternyata banyak juga para pemain sepak bola konvensional-profesional yang melakukan futsal. Alasannya meningkatkan kemampuan teknik mereka. Bermain futsal memang yang menjadi titik tekannya bukan kemampuan fisik melainkan teknik. Dilakukan dengan bola yang lebih ringan dan lebih kecil serta lapangan yang terbatas, jelas teknik para pemainnya yang dominan digunakan.
  • Melatih permainan cepat
    Lapangan futsal yang lebih kecil, mengharuskan pemainnya bermain dalam tempo yang cepat dibarengi konsentrasi yang tinggi.
  • Menghibur
    Bermain futsal bisa juga untuk tujuan menghibur diri pemainnya dan penonton yang berd adi lapangan. Mengapa? Permainan cepat yang mengutakamakan teknik dan banyaknya gol yang terjadi memiliki daya tarik tersendiri untuk dinikmati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s